Breaking News
Loading...
Jumat, 04 September 2015

Ini Penyebab Reaksi Aneh di Tubuh Saat Konsumsi Cabai

22.58
 
Ini Penyebab Reaksi Aneh di Tubuh Saat Konsumsi Cabai

Reaksi orang saat menikmati pedasnya cabai bervariasi ada yang seperti tersengat listrik, panas atau dingin di lidah atau bahkan mati rasa.

Tahukah penyebabnya?, penelitian baru dari Universitas College London mengatakan cabai dan paprika mengandung bahan kimia yang dapat mengaktifkan sensor rasa di mulut.

"Bahan kimia tersebut disebut sanshool yang juga ditemukan pada lada Sichuan. Bahan ini mengakses bagian bibir dan menghubungkan ke daerah otak yang berhubungan dengan sentuhan," ujar Ahli Syaraf Kognitif, Nobuhiro Hagura.

Ini adalah bahan yang menyebabkan bibir kesemutan dan membuat mulut terasa kaku. Cabai termasuk keluarga capsicum yang mengandung senyawa kimia seperti capsaicinoids dan mentol.
Para peneliti melibatkan 28 peserta laki-laki dengan memasukan paprika sichuan ke mulut mereka. Jari-jari mereka kemudian bergetar dan Hagura meminta mereka lebih detail menjelaskan reaksi yang dirasakan.
Dengan mesin khusus, Hagura mengatakan paprika Sichuan menciptakan perasaan sekitar 50 getaran per detik. Ini adalah tingkat saraf untuk merasakan sentuhan ringan pada kulit.
"Temuan ini dapat digunakan untuk menemukan bagaimana rasa mempengaruhi otak dan variasi reaksi tiap orang berbeda," ujar Hagura dikutip Livesciene, Jumat 4 September 2015.
Ilmuwan Amerika mengklaim bahwa kepribadian dapat menentukan seseorang termasuk penyuka makanan pedas atau tidak. Penelitian ini dilakukan di Pennsylvania State University. Menurut penelitian tersebut, seseorang pecinta petualangan termasuk dalam tipe penyuka makanan pedas.
Share:





0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer