Breaking News
Loading...
Jumat, 22 Juli 2011

Bernyanyi Riang Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

04.54
Bernyanyi mungkin menjadi kegemaran banyak orang karena menimbulkan rasa nyaman. Selain menghilangkan stres, bernyanyi ternyata bisa membantu menurunkan berat badan.

Para peneliti dari Harvard University menyatakan bahwa bernyanyi memiliki efek menguntungkan pada tubuh. Tidak masalah jika seseorang memiliki suara dan telinga yang baik untuk musik atau tidak. Juga tidak penting apakah seseorang mengingat lirik lagu dengan baik.

Ilmuwan melakukan eksperimen di beberapa klinik di Amerika Serikat. Para pasien diminta untuk sering bernyanyi. Ilmuwan menemukan bahwa bernyanyi dapat membantu memulihkan rasa nyeri lebih cepat dan efeknya juga sama dengan latihan fisik.

Bernyanyi juga cukup banyak membakar kalori sehingga membantu menurunkan berat badan. Dokter menjelaskan bahwa selama bernyanyi tubuh manusia akan diperkaya dengan oksigen, yang meningkatkan sirkulasi darah, mempertahankan tonus otot, mendukung jantung dan paru-paru, seperti dilansir Geniusbeauty, Jumat (22/7/2011).

Dengan bernyanyi 20 menit, orang dengan berat badan 68 kg bisa membakar sekitar 34 kalori jika bernyanyi sambil duduk atau 45 kalori jika bernyanyi sambil berdiri, seperti dilansir CaloriesPerHour.

Tak hanya itu, bernyanyi juga membantu dapat menghilangkan stres, memperbaiki mood (suasana hati), menurunkan detak jantung, tekanan darah dan laju pernapasan. Irama lagu juga dapat membantu melemaskan otot-otot.

Anda dapat membakar lebih banyak kalori dengan meningkatkan frekuensi, durasi atai intensitas menyanyi. Bernyanyi memberikan latihan pada paru-paru dan diafragma karena melibatkan tenaga otot pernapasan, serta membuat pernapasan dalam dan terbuka.
Share:





0 komentar:

Posting Komentar

 
Toggle Footer